How to Drive Traffic to Your Sponsored Post with Facebook Ads

a
sumber gambar : instagram @bloggerperempuan

Tanggal 28 Mei lalu saya mengikuti salah satu acara mingguan dari Blogger Perempuan. Bagi yang belum mengetahui Blogger Perempuan sebenarnya Blogger Perempuan adalah sebuah komunitas para Blogger yang juga sering mengadakan banyak acara bermamfaat bagi blogger dan publik. Jika Clozette lebih banyak membahas tentang fashion dan beauty, pembahasan dan materi event Blogger Perempuan lebih luas termasuk bagaimana cara mengelola blog yang baik. Akhir-akhir ini saya memang mengurangi beberapa event untuk di datangi dan memilah milih mana yang memang relevan dengan blog saya dan juga mana yang memberi pengetahuan bagi saya sebagai blogger, mengingat saya agak-agak gaptek jika berhubungan dengan istilah-istilah teknologi. Ngobrol Cantik dari Blogger Perempuan kali ini membahas tentang bagaimana caranya kita menambah traffic di post kita khususnya sponsored post dengan Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads? Mengapa menggunakan Facebook Ads?

Jika kamu punya account Facebook, pada pojok kanan halaman Home Facebook account akan ada beberapa iklan dari toko-toko online, nah Facebook Ads yang muncul di facebook berbentuk seperti itu, ada juga postingan iklan toko tersebut di bagian Home Facebook kita biasanya ada keterangan juga bahwa beberapa teman facebook kita me-like pada Fan Page toko tersebut.

Alasan mengapa menggunakan Facebook Ads untuk iklan blog kita adalah karena facebook masih jadi salah satu media social yang digunakan oleh umat manusia di dunia meskipun memang perkembangan media social semakin banyak dengan kemunculan instagram, path, dan snapchat. Pengaturan iklan juga bisa di atur melalui Facebook Ads. Sebelum saya lanjutkan penjelasan tentang Facebook Ads, saya akan menjelaskan tentang Affiliate Marketing dari Involve Asia, dan Cloud Hosting dari Dewaweb.

1

Affiliate Marketing dari Involve Asia

k
sumber gambar : instagram @bloggerperempuan

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog kita yaitu dengan menggunakan Affiliate Marketing dari Involve Asia. Apa itu Affiliate Marketing? Jadi Involve Asia bekerja sama dengan banyak merchant online seperti Mataharimall.com, Zalora, dan Berrybenka untuk membuat iklan di blog kita. Salah satu yang pernah saya coba juga yaitu kita bisa memasang iklan dari salah satu merchant di blog kita, sehingga ketika pengunjung blog kita mengklik iklan tersebut yang dalam bentuk banner dan melakukan pembelian, kita akan mendapat berapa persen dari transaksi tersebut. Iklan yang di pasang bisa berupa banner yang dipasang di pojok kanan blog kita, pojok bawah atau pun pojok atas halaman blog kita. Perlu di ingat bahwa sebaiknya kita memilih iklan yang sesuai dengan tema blog kita, misalnya blog kita lebih khusus ke fashion, mungkin kita bisa memasang iklan dari merchant Zalora atau Berrybenka sehingga relevan dengan tema dan minat pengunjung blog kita.

b

c

d

e

Cloud Hosting dari Dewaweb

j
sumber gambar : instagram @bloggerperempuan

Sebelumnya mungkin hosting merupakan istilah yang asing untuk beberapa orang yang belum mengerti tentang dunia blog atau website, seperti saya, saya pun masih awan sebenarnya tentang hosting atau pun server hosting namun saya agak terbantu dengan penjelasan dari Dewaweb tentang hosting ini.

Ketika kita membuat suatu website atau blog maka website tersebut akan dikirim ke server hosting untuk sampai kepada para pembacanya, nah server hosting sendiri merupakan jaringan yang digunakan oleh website-website lainnya agar sampai dan bisa di baca oleh para pelanggan. Website kita bisa saja mengalami kondisi down, lemot atau tidak bisa di akses karena website lain sedang ramai di kunjungi orang. Disinilah peran Cloud Hosting dari Dewaweb, yaitu untuk memberikan kita jalur yang lebih luas agar website kita bisa berjalan dengan optimal meskipun pelanggannya banyak, website kita tidak akan lemot. Mungkin para pembaca masih banyak yang bingung karena baru pertama kali memperlajari tentang Cloud Hosting, berikut saya sertakan video dari channel youtube Dewaweb untuk memperjelas pengertian Cloud Hosting tadi.

f

Drive Traffic to Your Sponsored Post with Facebook Ads

i
sumber gambar : instagram blogger perempuan

SAM_3226

l

 Pembicara utama kita untuk ngobrol cantik tentang Facebook Ads adalah Iqbal Maulana yang merupakan CEO dari PT. Optima Digital Advertisa (Advertisa.id). Sebelumnya saya sudah menuliskan bahwa Facebook masih menjadi media social yang diminati banyak orang dengan range umur usia pemuda yaitu 20an ke atas. Facebook sendiri juga semakin berubah dan berkembang seiring dengan berkembangnya media social lainnya.

Mas Iqbal sendiri menyarankan kita untuk membuat fan page agar mudah beriklan karena jika menggunakan Facebook Acount, dari Facebook sendiri membatasi jumlah teman yang bisa di approve oleh Personal Account sehingga terbatas. Fan page Facebook lebih bisa digunakan untuk mengiklankan post kita karena bisa di lihat banyak orang dan jumlah like tidak dibatasi. Fan Page juga jadi pengenalan dan salah satu cara agar follower maupun non follower bisa melihat update blog post kita.

Informasi Facebook sangat detail mulai dari mengetahui history kita, dimana biasanya kita berbelanja online, atau interest kita. Saya pun sadar mengapa facebook ads saya di pojok kanan halaman home facebook, lebih banyak tentang toko online baju dan kecantikan karena memang saya sering browsing ke ol shop untuk membeli baju atau membeli make up, jadi iklan yang disodorkan pun tidak jauh-jauh dari aktivitas saya secara online atau interest saya. Facebook Ads bisa di atur dengan detail mau ke target pengunjung seperti apa yang akan melihat iklan tersebut, misalnya anda ingin mengiklankan ke pembaca di range usia 20-30an, minat di dunia fashion dan kecantikan untuk blog post anda tentang review produk make up sehingga iklan menjadi tepat sasaran.

Harga untuk iklan pada Facebook bisa kita atur, kita memang menargetkan perkiraan biaya awal untuk iklan tersebut, jika iklan kita klik atau impressionnya tinggi maka biaya yang kita bayarkan bisa lebih murah dari yang sudah kita ajukan ke Facebook. Sistem perhitungan bayar iklan bisa berdasarkan CPC (Cost per klik) atau CPM (Cost per Mile), perbedaannya bisa di lihat di post blog ini. Menentukan untuk memilih CPC atau CPM sebenarnya harus di uji coba langsung mana dari kedua sistem ini yang menguntungkan untuk iklan yang kita post. Sistem pembayaran iklan ke Facebook bisa melalui kartu kredit atau bisa juga melalui deposit, sejumlah 200 ribu misalnya jadi harga iklan kita di akhir akan di ambil dari deposit kita. Kita juga bisa langsung menyalakan, mematikan, atau menghapus iklan kita jika ternyata pageview iklan tersebut sedikit dan malah membuat kita rugi. Membayar iklan di Facebook dengan metode deposit bisa di lihat di sini. Untuk metode pembayaran Facebook Ads dan pengunaan Facebook Ads bisa langsung menghubungi mas Iqbal Maulana jika ada pertanyaan lebih lanjut. Ada beberapa tips dari Mas Iqbal jika ingin menggunakan Facebook Ads dengan baik

  1. Perfect Audience : pastikan audience yang dituju sesuai dengan blog post kita atau sesuai dengan bisnis yang kita jalankan.
  2. Riding The Trend : kalo bisa posting yang di buat sesuai dengan trend tanpa melenceng dari tema blog kita.
  3. Headline is everything : buatlah Headline yang menarik dan memancing untuk di baca.
  4. Thumbnails must be Thumb Friendly : Gambar Thumbnails sebaiknya menarik untuk memancing pembaca.
  5. Pixel and Custom audiences : Setiap visitor menjadi custom audiences yang bisa diiklankan kembali. Kamu bisa membaca lebih lengkap tentang Facebook Pixel di sini.

Alternatif menambah traffic melalui Facebook Ads bisa menjadi jaminan jika kita ingin bekerja sama dengan brand, sebagai acuan kesepakatan juga, misalnya kita bisa mengajukan blog post dari brand sponsored ini mencapai target 1.000 perview atau per klik misalnya. Metode ini biasanya lebih disukai oleh Brand karena target iklan melalui blog post kita bisa tercapai. Sampai disini penjelasan dari saya, jika ada yang ingin bertanya lebih detail lagi bisa menghubungi detail-detail kontak yang sudah saya tulis di blog post ini.

SAM_3245

SAM_3242

m
sumber gambar : instagram @bloggerperempuan

Setelah begitu banyak penjelasan tentang dunia blog dan cara mengelola dan mengiklan di Facebook, acara di lanjutkan dengan makan siang dan tidak lupa juga ada pemberian hadiah untuk best live tweet dan door prize. Sekian penjelasan dari saya tentang Facebook Ads, mohon maaf jika banyak kekurangan dan semoga bisa membantu teman-teman untuk mempromosikan blog postnya. See you on my next post, readers!

NOTE

This is a sponsored post. All things that is written in this blog post are my own opinions and my honest experience. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog

Advertisements

2 thoughts on “How to Drive Traffic to Your Sponsored Post with Facebook Ads

  1. Hai Mona salam kenal. Di wp.com tidak bisa pasang iklan banner spt di blogmu bagian kanan, klo ketahuan atau ada yg melaporkan bisa di banned Mon blog mu. Bisa dibaca ketentuannya di https://en.support.wordpress.com/advertising/ . Juga penjelasan di forum https://en.forums.wordpress.com/topic/creating-a-new-wordpress-website?replies=2#post-2661023

    Klo di wp.com hanya bisa pasang iklan wordads https://wordads.co/ tp ini juga ada syarat trafiknya.
    Iklan affiliate boleh asal hanya pasang links di postingan bukan bentuk banner.

    Klo mau bebas pasang2 iklan dan pasang html pindah ke self hosted.

    1. Halo mbak, saya baru tau kalo ada larangan itu, soalnya ketika diskusi forum sebelum pasang iklan sih gpp, tetapi nanti akan saya tanya lagi ke pihak tersebut. Ada beberapa banner dipasang karena ikut lomba dari produk itu juga sih mbak semacam syarat lomba. Saya baru pindahan domain mbak, belum atur banner lg. Banner keanggotaan forum blogger tetap masih boleh kan mbak? Thanks for info

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s