Girls, we should be careful now!

Egypt-Sexual-Harassment-1-IP
Image source : www.clarionproject.org

Sebelumnya saya terinspirasi menulis tentang topik ini karena mendengar maraknya kejahatan seksual pada anak mulai dari pelecehan dan pemerkosaan. Maraknya berita ini telah membuat sedih dan pilu semua wanita serta ibu-ibu di luar sana karena menambah kwatir mereka terhadap anak perempuannya. Ibu saya sendiri super cemas jika saya berpergian ke luar rumah atau daerah Jakarta karena transport ke Bekasi memang kadang susah di jam-jam malam. Ibu saya selalu menghubungi saya dan juga mengingatkan saya agar tidak pulang malam jika bepergian yang agak jauh dari rumah.

Salah satu berita memilukan yang saya dengar ialah berita tentang seorang anak umur 14 tahun yang kebetulan lewat jalanan sepi sehabis pulang sekolah namun menjadi korban nafsu bejat dari anak ABG labil, saya sampai mau menangis setiap kali membaca ceritanya, semoga arwah anak tersebut tenang di akhirat sana :’(. Bersusulanlah berita berita lain tentang pemerkosaan dan pembunuhan anak tersiar, saya sampai bingung apa yang salah dengan para pria-pria tersebut, setankah yang bersemayam di diri mereka? Sebagai seorang wanita, saya bukan hanya sedih namun geram setengah mati terhadap para pelaku.

Kondisi yang semakin darurat dengan kejahatan seksual anak atau wanita membuat saya pun jadi hati-hati jika bepergian ke luar rumah dan menjadi pilih-pilih kendaraan umum jika ingin bepergian. Tulisan ini mungkin hanya sekedar sharing dari apa yang saya lakukan untuk aman bepergian, jika ada yang ingin menambahkan tips aman bepergian silahkan saja, sharing is caring.

Bijak memilih waktu dan tempat ketika pergi dan pulang.

Sebaiknya jangan pergi terlalu malam atau pulang terlalu malam jika anda pergi sendirian. Jika memang terpaksa pulang malam karena lembur segera naik kendaraan yang memang terdaftar atau menginap di rumah teman terdekat bisa jadi pilihan, tentunya teman yang memang anda percayai. Hindari tempat sepi ataupun angkutan yang rutenya melewati jalur yang sepi karena rawan. Pilihlah juga kendaraan umum yang masih memiliki penjagaan seperti kereta atau busway.

Bijak memilih kendaraan umum dan membaca situasi yang terjadi

Saya sudah jarang naik angkot karena angkot suka nunggu lamaa sekali sambil menunggu mobilnya penuh dengan penumpang dan abangnya suka PHP banget bilang mau berangkat malah nyalain mesin maju mundur cantik supaya penumpang ga jadi turun. Jika saya terpaksa naik angkot, saya sering memilih tempat duduk paling depan di samping pengemudi daripada di belakang, karena sering kejadian komplotan pencopet dan pemerkosa bergerombol duduk di bagian belakang. Jika ada situasi yang mencurigakan atau anda sudah merasa tidak nyaman di angkot tersebut, segeralah turun dan mencari alternatif lain, jangan lupa awasi kendaraan yang tiba-tiba mengambil jalur sepi, tetaplah waspada. Saya lebih banyak menggunakan busway dan kereta untuk perjalanan sehari hari karena masih ada security sehingga masih saya anggap aman. Posisi yang saya utamakan juga di gerbong khusus wanita atau area khusus wanita karena saya sempat mendengar banyaknya pelecehan terjadi ketika berada di gerbong biasa.

Bijak memilih teman pulang, teman hang out ataupun ajakan pergi dari teman.

 Tidak salah untuk ramah ke semua orang tetapi tidak bijak untuk memilih pergaulan buruk ataupun terlalu gampang percaya terhadap orang baru. Hati-hati jika diajak hang out dengan orang yang tidak di kenal atau baru dikenal apalagi ketika mereka bergerombol dan membawa kendaraan. Ajarkan anak juga untuk bijak memilih teman, orang jahat itu ada dan banyak lho. Jika ingin bertemu sebaiknya pilih tempat publik yang ramai seperti mall dan orang tua bisa menjemput antar anak ke mall jika mereka ingin hang out. Ajarkan anak untuk mengenalkan teman-temannya kepada anda secara langsung jika perlu.

Selalu infokan posisi anda ke keluarga atau teman dekat yang dipercaya

Jangan infokan posisi anda terlalu detail di path atau media sosial, itu bisa mengundang kriminalitas. Saya belajar dari salah satu teman dekat saya untuk memberikan info nomor taksi tujuan dan posisi saya ketika dalam perjalanan pulang ke grup keluarga atau teman dekat sehingga posisi terakhir saya bisa dilacak oleh mereka jika terjadi sesuatu. Selalu bawa power bank agar hp tidak habis batery ketika anda perlu memberikan info posisi anda dimana. Jika berpergian sendiri selalu hindari tempat sepi.

Jangan memberikan info terlalu detail di media sosial

Sejak sering pergi ke event dari pihak brand sejak saya aktif blogging dan juga aktif ikut komunitas blogger, saya mulai memfilter info-info yang saya share ke media sosial saya, seperti lokasi tempat saya berada saat itu dan foto jelas saya ketika berada di lokasi event tersebut ke media sosial. Kita tidak pernah tahu mungkin saja kita sedang diikuti atau dijadikan target. Biasanya saya upload foto tanpa detail yang lengkap dan baru saya tambahkan detailnya ketika saya sudah berada jauh dari tempat tersebut atau besoknya. Beritahukan juga kepada anak agar tidak sembarangan menuliskan info detail posisi mereka saat di media sosial agar tidak mengundang kriminalitas terjadi.

Simpan nomor-nomor darurat di ponsel

Di luar negri, masyarakat bisa menghubungi 911 yang merupakan sistem yang akan menghubungi polisi atau medis sesuai kondisi darurat yang terjadi kepada kita. Sistem tersebut belum ada di Indonesia namun ada beberapa nomor darurat yang memang harus kamu save di ponsel. Beikut info yang saya dapat untuk nomor darurat yang dibutuhkan. Mohon koreksi jika salah satu nomor darurat ini sudah berganti. Semoga Indonesia bisa punya satu sistem darurat seperti 911 yang menyambungkan ke berbagai saluran dan bantuan, karena menurut saya lebih praktis dan biasanya dalam keadaan panik kita susah memutuskan mau nelpon yang mana terlebih dahulu, ambulans atau polisi. Orang tua juga bisa memberikan info ini ke anak-anak agar terbiasa untuk gerak cepat ketika kondisi sedang darurat.

nomor darurat
Image source : beritamenarik69.blogspot

Bawa beberapa benda ini untuk berjaga-jaga

Sebelumnya mungkin beberapa artikel sudah banyak yang share tentang hal ini dimana beberapa benda bisa jadi pertahanan di situasi darurat. Tali tas yang panjang bisa digunakan untuk mencekik supir mobil/taksi/ojek yang mencurigakan dan jika supir membawa mobil ke luar rute yang seharusnya, sebagai ancaman untuk menurunkan kita di tempat aman. Beberapa wanita juga selalu siap sedia membawa semprotan merica di tas untuk menyemprotkan ke mata pelaku. Benda seperti payung dan pulpen bisa digunakan untuk memukul atau mengancam pelaku dalam kondisi darurat agar kita bisa kabur.

Khusus bagi pelecehan seksual di kereta atau di busway, sering sekali ada saja pelaku yang mengambil kesempatan saat berdesak-desakan untuk melakukan aksinya melecehkan wanita dan selalu berdalih karena terdorong dorong. Jika anda sudah merasa tidak nyaman, anda bisa menegur di depan semua orang agar orang-orang di sekitar juga bisa memberikan sanksi sosial seperti menegur si pelaku atau anda bisa melaporkannya ke security, permisi kepada penumpang lain untuk pindah posisi agar anda aman. Pelaku sering sekali tetap ngotot dan menatap dengan tatapan menantang seolah olah wanita adalah makhluk lemah ketika wanita menegur, sekali lagi jangan takut dan lebih baik anda pindah posisi menjauh dari pelaku. Satu tips lagi dari teman saya, anda bisa mengunakan jarum pentul, peniti atau pulpen untuk menusuk ringan tangan pelaku jika masih melakukan aksi pelecehan untuk menakut-nakuti si pelaku.

Khusus bagi anak-anak, berikan pendidikan sex terhadap anak

Jangan beranggapan bahwa memberikan pendidikan sex itu tabu terhadap anak, sebenarnya pelaku kejahatan mengincar anak-anak karena polos dan bahkan mereka tidak tahu hal jahat yang dilakukan ke mereka adalah pelecehan seksual. Teman dekat saya ketika SD pernah bercerita kepada saya bagaimana setiap pulang sekolah, ayah dan ibunya selalu menanyakan hal-hal yang terjadi selama dia berada di sekolah sampai di rumah. Beberapa pertanyaan bisa berupa “Tadi di sekolah ada yang aneh-aneh tidak? Ada yang memegang tangan adek atau menyentuh bagian tubuh yang tidak seharusnya disentuh? Ada yang membujuk adek ke tempat sepi?” dan sebagainya. Beritahukan juga untuk menghindar, menolak dengan tegas, bergegas lari dan melaporkan kepada security atau guru yang dapat dipercaya.

Menurut saya hal-hal tersebut penting dan tidak berlaku hanya bagi anak perempuan tetapi juga bagi anak laki-laki. Mungkin untuk anak laki-laki bisa ditambahkan dengan menanyakan pergaulan dan kebiasaan teman teman dekatnya, adakah yang mengajaknya minum sampai mabuk? Adakah yang mengajaknya untuk ikut-ikutan menyentuh bagian tubuh teman wanitanya dengan tidak sopan? Jelaskan baik-baik jika perilaku itu buruk dan menjurus kepada perilaku pelecehan seksual dan jelaskan sanksi-sanksi dari pelecehan seksual dan pemerkosa. Berikan pengertian dan didikan bagi anak laki-laki untuk menghargai wanita. Bangun komunikasi yang baik dan bangun kepercayaan anak terhadap orang tua, agar anak tahu harus meminta pertolongan dan bercerita kepada orang tua jika hal-hal tersebut terjadi. Antar jemput anak setiap kali pulang sekolah atau menggunakan jasa antar jemput yang dipercaya bisa jadi pilihan. Beritahukan juga kepada anak agar tidak jalan sendiri kemana mana, lebih baik beramai-ramai dengan teman-temannya tentunya ketika pulang sekolah.

2-f92e3f9f0a

1-0bd5e64b05
Image source : Aku mandiri flyer

Sekian tips dari saya bagi kaum wanita dan anak-anak dan semoga bisa membantu. Jika ada tips tambahan agar aman bepergian bagi wanita dan anak, feel free to share ya. Semakin maraknya kejahatan akhir-akhir ini pun jadi pertimbangan saya untuk mendoakan agar kasus ini berkurang dan pemerintah bisa tegas dengan hukumannya. Semoga kasus kejahatan seksual semakin berkurang dan pelakunya ditindak tegas agar tidak ada korban-korban selanjutnya, pasti kebayang dong gimana perasaan orang tua yang jadi was-was dengan anak-anaknya setelah mendengar berita tersebut. Stay save girls, selalu waspada dimanapun kamu berada and boys, do not rape a girl!

NOTE

All things that is written in this blog post are my own opinions. Do not copy, if you want to use my blog please ask my permission by email and credit the copy page back to my blog. I use some image from internet and write the image source in the description. Sent me an email if there is an image that belongs to you so I can remove the image if you want to.

Leave a Reply

