Plant Your Garden

1661263_1755173978035694_1393964950869780068_n
Image source : simply organic life

Kemarin saya melihat sebuah quotes bagus di facebook dan akhirnya saya re-post di wall facebook saya. Tulisan qoutes tersebut bunyinya seperti ini

To plant a garden is to believe in tomorrow.

 Saya suka sekali dengan quotes ini karena isinya menekankan tentang harapan akan masa depan atau akan hari esok. Siapa sih yang tahu hari esok? Sebenarnya tidak akan ada yang tau hari esok, tidak akan ada yang tahu kapan antusiasme terhadap sesuatu atau seseorang akan berakhir, tidak ada yang akan tahu apakah yang kamu kerjakan akan berbalik menjadi pundi-pundi usahamu sendiri atau tidak. Intinya tidak ada yang tahu ke depan keputusan-keputusanmu sekarang akan gagal atau berhasil.

Lalu kenapa saya post tentang quotes ini di blog saya? Karena meskipun masa depan belum terbentuk, kita tetap mempunyai harapan yang baik di masa depan dengan melakukan sesuatu di masa sekarang. Saya kemudian bertanya kepada diri saya sendiri apa yang sudah saya tanam selama ini? atau apa yang saya sedang tanam sekarang? Jawabannya bisa banyak hal, bukan hanya hal besar tetapi hal-hal kecil yang kita tanam pun penting.

Pick your seed

Pilih bibit-bibit yang akan kamu tanam, apakah itu sesuatu yang kamu kerjakan di pekerjaanmu di kantor, atau mungkin hal kecil seperti blogging, atau bisa saja usaha kecil-kecilan dengan teman-temanmu. Jangan tanam hanya satu bibit, karena kamu tidak akan tahu bibit mana yang akan tumbuh dan mana yang akan gagal panen. Saya selalu mengamati manusia tidak hanya tertarik untuk mengerjakan satu hal tetapi juga punya hal-hal kecil lain yang bisa dikerjakan, contohnya kamu bekerja sebagai dokter, tetapi kamu juga hobi fotografi, sah sah saja kan. Saya sendiri sudah mulai menanam bibit lain disamping memperhatikan bibit utama yang saya tanam seperti usaha saya dengan teman, blogging, belajar make up, dan menggambar. Hal-hal kecil tersebut tentunya juga menyumbangkan sisi positif bagi saya secara individu.

Plant your seed

Tanam bibit yang sudah kamu pilih, tidak perlu terlalu memfokuskan hanya kepada satu bibit saja dan begitu ambisius dengan bibit utama tersebut, bibit lain juga akan bermamfaat kok untukmu J. Tanam apa saja yang sudah kamu pilih, start with small step tetapi konsisten untuk terus merawat dan mengembangkannya. Sometimes people doesn’t always praise you great work but also your perserverance in your work, they adore your progress. Ketika saya menyimak perjalanan salah satu beauty guru favorite saya Michelle phan, ternyata Mish mulai dari sebuah video youtube di rumahnya dan sekarang dia mempunyai lini kosmetik sendiri, menjadi salah satu beauty influencer, serta mewadahi komunitas yang bergerak di bidang kreatif dan kecantikan. Mish tidak fokus untuk berkompetisi, she becomes the best version of herself. I adore how Michelle pursue her dream not only inside her class in college but also outside her class. Saya tidak mau berpikir berkarir/bekerja hanya ketika saya berada di kantor tetapi saya juga mengejar mimpi saya di luar kantor, jadi ketika kita keluar dari kantor pun kita tahu bahwa we don’t stop there, we will always keep moving forward. Start something, start to plant, even it just about blog or small buisness.

Believe in tomorrow

Kita tidak selalu tahu apa yang akan terjadi di hari esok, tetapi harapan akan hari esok selalu ada. Saya pernah merasakan hari hari tanpa antusiasme hidup menyambut hari esok, dan beberapa kali masih saya alami sampai sekarang. Berharap akan hari esok adalah sebuah lampu semangat bagi setiap manusia. Tanpa ada harapan, manusia hanya akan hidup dalam kehampaan. Kenapa kita masih menanam padahal kita tidak tahu apakah ada hari esok? Karena harapanlah yang membuat kita yakin bahwa beberapa bibit yang kita tanam akan tumbuh, beberapa mungkin akan mati, beberapa mungkin akan gagal untuk di panen, tetapi untuk mempunyai keberanian menanam merupakan keberanian untuk berharap masih ada hari esok.

Selamat menanam apapun itu dan sekecil apapun yang sedang kamu usahakan!

 Let us not become weary in doing good, for at the proper time we will reap a harvest if we do not give up.

Galatians 6 : 9 NIV

Leave a Reply

