Art to Merchandise Workshop

Hai! Saya minta maaf karena baru sempat menulis blog lagi dikarenakan kesibukan dirumah menyambut natal dan tahun baru. Sebenarnya workshop Art to Merchandise ini tanggal 5 Desember 2015 kemarin di Hello2madison. Partner kerja saya tiba-tiba whatsaap tentang acara ini dan akhirnya kami memutuskan untuk ikut karena temanya cocok dengan usaha yang sedang kami jalankan yang memang ingin lebih berfokus ke product meskipun tidak menutup kemungkinan akan berkembang ke hal lain. Ternyata kami daftar mepet dengan pendaftaran akan ditutup tetapi untungnya kami dapat kursi untuk ikut workshop.

2MADISON-Dec-05--From-Art-to-Merchandise--by-Diela-Maharanie-dan-Prasajadi-Heru-31
image source : http://www.lakako.com

Mentor untuk workshop ini ialah Mbak Diela Maharani dan Prasajadi Heru, untuk para ilustrator mungkin tidak asing dengan kedua nama ini hehhehe. Sesuai dengan temanya, workshop ini lebih menekankan bagaimana menuangkan sebuah seni yang dikemas dalam produk yang digunakan sehari-hari, ada sharing juga tentang pemasaran dan proses kreatif yang selama ini sudah dilakukan oleh Mbak Diela dan Mas Pras.

SAM_2245

SAM_2246

Tempat workshop kami di lantai 3 Hello2madison. Ketika kami datang, tempat sudah diisi dengan meja, kursi, kuas, notebook, pouch, dan tentunya snack. Kebetulan yang lebih banyak datang ke workshop adalah wanita, partner kerja saya cuma laki-laki satu-satunya yang ikut tentunya dengan salah satu mentor mas pras saja yang laki-laki hehehehe :D.

SAM_2247

Sesi pertama worshop tentunya penjelasan tentang seni lukis atau illustrasi bisa dijadikan produk apa saja sih. Ada yang bisa jadi tas, notebook, fashion product dan juga produk interior seperti bantal, kursi, sofa dll. Kemudian dari kedua mentor mensharingkan pengalaman mereka dalam membuat produk kreatif, bagaimana memasarkan sendiri produk karya kita atau bisa juga kita menitipkan ke art galeri tentunya seperti Catalyst Art atau Kopi Keliling (yang sudah pernah saya tulis di blog ini juga) dengan penyeleksian dan agreement fee yang disepakati. Kemudahan media digital dan lifestyle manusia sekarang yang tidak bisa jauh dari gadget sangat mempengaruhi perkembangan dunia seni dan ilustrasi, setidaknya dengan adanya instagram dan path lebih banyak illustrator yang bisa menawarkan jasa dan produk ke masyarakat.

“Saya waktu itu mulai dengan sesuatu hal/produk yang saya sendiri ingin kemudian baru beberapa teman dekat mulai memesan.” D.M

Mungkin banyak dari para seniman atau illustrator yang bertanya awalnya, karya seni saya mau di jadikan produk apa ya? memangnya kalo saya buat produk ini akan ada yang beli? Itu pertanyaan awal saya ketika memulai usaha, saya dan partner kerja saya sempat bingung ini mau buat apa ya ke depannya. Project pertama kami adalah kartu, pembatas buku dan notebook dengan tema wisuda karena event yang dekat waktu itu wisuda, memang kami hanya jual ke beberapa teman dan grup di whatsaap dan line, kami bersyukur ada yang membeli meski tidak begitu banyak sampai akhirnya kami dapat pesanan kartu custom, portfolio band, dan keperluan event. Mbak Diela sendiri sempat sharing awalnya dia membuat sesuatu murni untuk keperluan personalnya saja sampai dapat pesanan dari teman dekatnya.

Mulailah dari sesuatu yang memang kalian inginkan secara personal dan mungkin orang lain menginginkan hal itu.

Salah satu peserta workshop juga sempat menanyakan, sampai ditahap apa Mbak Diela menemukan style gambarnya sendiri. Mbak Diela sempat menceritakan awalnya dia latihan menggambar terus sampai akhirnya yang digambar wanitanya berciri khas tertentu, sering memakai warna tertentu dan sebagainya, pasti ada satu titik akan sadar style gambarnya kita sendiri dan yang terpenting latihan terus menerus :). Peserta yang lain juga ada yang bertanya, bagaimana untuk menetapkan harga produk kita, kan kalau Mbak Diela mungkin pede menetapkan harga karena sudah punya nama tetapi kalau kami yang masih belum di kenal mungkin susah dan banyak komentar “kok mahal amat sih kan tas begitu paling cuma berapa puluh ribu?” dan sebagainya. Di situ kami di tekankan jangan takut untuk memberikan harga untuk hasil karya kita, harga tentunya sudah termasuk untung, biaya produksi, biaya transport kalau ada. Intinya sih jangan takut, karena pembeli bukan hanya membeli karya seni tetapi juga jasa dan produksi, toh masalah selera bagus atau tidak, balik lagi selera itu beda-beda setiap orangnya.

Setelah penjelasan dan sharing panjang lebar mulai deh kami melukis di sampul notebook yang memang khusus dibuatkan untuk dilukis dan pouch dari kanvas yang bisa dilukis juga :D. Cat yang kami gunakan merupakan cat Arcylic, katanya jika pouchnya di cuci tidak akan luntur karena pakai cat arcylic.

SAM_2255 edit

SAM_2256 edit

Bagi yang ingin mencoba melukis dengan cat arcylic disarankan hati-hati ketika mem-blend catnya yang dicampur dengan air karena cat aryclic agak kental tidak seperti cat watercolour. Hasil karya saya yang atas, gambar seorang gadis sedang menanam, sedangkan yang bawah adalah gambarnya K (partner kerja saya). Saya agak belepotan ketika mencoba melukis dengan cat arcylic, sedangkan temen saya lebih jago mem-blendnya :p. Selesai kelas kami foto bersama dengan mentor dan peserta lainnya. Kami juga sempat foto bersama dengan mentor.

SAM_2262 edit

Bagi yang belum pernah ke Hello2madison, tempat ini tidak hanya untuk workshop lho tetapi juga menjual furniture untuk interior, art merchandise, dan di lantai paling bawah ada cafe kecil untuk minum dan makan-makan cantik.

Lantai dua lebih banyak dengan keperluan interior seperti bantal, sofa, kursi dan sebagainya. Kalau kalian seperti saya yang memang suka dengan dunia illustrasi, seni dan ruang (karena basic saya Arsitektur) akan betah baget keliling liat-liat disini, rasanya pengen dibeliin satu-satu barang-barangnya hehehehe.

Lantai pertama lebih banyak pajangan produk artwork, tas, pouch dan juga ada cafe untuk bersantai. Kami sempat makan di area cafe karena workshop hampir seharian jadi peserta tetap mendapat makan siang. Kami malah jadi lama pulang karena kelamaan lihat-lihat barang dan art merchandise.

Bagi yang penasaran tempat Hello2madison atau yang ingin kesana untuk belanja atau hang out di cafenya, Hello2madison ada di Promenade 20 Building jl.Bangka Raya 20 Kemang. Sekali lagi, ini bukan pesan sponsor lho ya, murni karena saya ikut workshop disana.

Selamat menjelang Tahun Baru guys! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s